Jumat, 06 Maret 2009

"Si Pyuuun" Robot Kecil Yang Memiliki 8 Sensor


Robot kecil yang bernama Pyuuun yang satu ini memiliki berbagai macam sensor untuk membuatnya bisa berjalan dengan baik tanpa membuatnya tertabrak benda lain.

Tidak tanggung-tanggung, Pyuuun memilik sekitar 8 sensor di dalamnya mulai dari “Impact Sensor” (menditeksi halangan di sekitar), “Illumination Sensor” (mengukur tingkat cahaya di ruangan), “Sound Sensor” (mengukur tingkat kebisingan); “Distance Sensor” (mengukur jarak sebuah penghalang di sekitar), “Temperature Sensor“, “Acceleration Sensor” (membuatnya menambah tenaga bila permukaan menanjak), “Pyroelectric Sensor” (menditeksi benda bergerak) dan terkahir “Infrared Sensor” (menditeksi robot lain sejenis).

Tetapi hebatnya lagi, dari semua teknologi yang dimiliki oleh robot kecil ini, ternyata fungsi utama Pyuuun sendiri hanya untuk mengantar secangkir teh ke si pengguna. :-)

Tentu Pyuuun mempunyai fitur lain seperti bisa mengirim email/ pesan ke blog apabila ada seseorang di dalam ruangan, terjadi gempa bumi (earthquake) dan bila tetangga sebelah memainkan musik terlalu keras, dan tetap saja terlalu canggih untuk tugas “kecil” ini. :D

Pyuuun bisa diprogram melalu aplikasi bahas pemrograman seperti Visual C# dan VBA di Windows 2000/ XP.

Berat Pyuuun sendiri hanya sekitar 1 kg.

2 komentar:

Rangga's Space mengatakan...

tapi robot dengan bentuk seperti itu cara kerjanya bagaimana, bentuk umum robot yaitu memiliki kepala, tangan, badan dan kaki kan???

Anonim mengatakan...

truz apakah benar robot itu bisa membantu pekerjaan manusia ?