Jumat, 06 Maret 2009

On Call Street Lights: MenghemaT LampU PenerangaN JalaN DengaN PonseL


Lampu penerangan jalan memang kita butuhkan tetapi di lain sisi, pemborosan akan terjadi bila ternyata tidak ada orang yang lewat di jalan tersebut.

Jerman telah menemukan sebuah solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan sebuah teknologi yang disebut "On Call Street Lights" dan telah diuji coba di sebuah kota kecil (Morgenröthe-Rautenkranz) dengan penduduk hanya 900 orang.

Cara kerjanya seperti ini, jika kita akan melewati jalan tersebut, kita harus menghubungi nomor telpon yang ada melalui ponsel dan lampu akan menyala otomatis dan akan mati setelah 15 menit.

Dengan cara seperti ini, pemerintah disana mengatakan bahwa mereka dapat menghemat uang sekitar 4.000 Euro per tahunnya, ditambah dengan pengurangan gas emisi yang dikeluarkan oleh lampu.

Yang jadi masalah, menurut saya adalah kita harus mendaftarkan terlebih dahulu nomor ponsel kita ke database mereka karena tanpa itu, kita tidak bisa menyalakan lampu jalanan tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana bila ada orang dari luar kota yang melalui jalan tersebut dan tidak tahu masalah ini?

Kalau ide dari saya sih, bukannya lebih baik dibuat sensor aja dimana bila ada orang lewat, otomatis lampu menyala dan akan mati dengan sendirinya dalam beberapa waktu? :D

6 komentar:

Farah mengatakan...

waw, kalau di indonesia ada asik ntu, tapi kayaknya bakalan repot dech.

Airi Rizka mengatakan...

uuu so sweet tinooooooooooo


ada closed juga zzzzzzzzz

ksh tw dunk ko' bsa gtu...........

Airi Rizka mengatakan...

uhuhk
mw makannye


bgi2 dunk


tpi

traktir zzzzzzz

Airi Rizka mengatakan...

eh w jdi bingung ny thats really your name is?

i dont know



yeah

so became confused


tha2 tyno...

Airi Rizka mengatakan...

yah.........


kok pke hp cih..........


klo cm tpuk tangan da ga????

klo da brarti huebat............

mrip Dumbledore!!!!!

Rangga's Space mengatakan...

seandainya saja orang yang mau lewat tidak memiliki pulsa untuk melakukan panggilan menghidupkan lampu, solusinya bagaimana???